Minggu, 27 April 2014

RPP MICRO TEACHING



TUGAS MANDIRI
MICRO TEACHING
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

DOSEN PENGAMPU:
Drs. ERDI INDRA.


DISUSUN OLEH:
NURMILA
1209.11.06518

Mahasiswa Semester: VI/PGMI/B

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
 AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2014



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                   : SDN 007 Lahang Baru
Mata Pelajaran                   : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                : V / I
Alokasi Waktu                   : 1 x 15 Menit (1 x Pertemuan)

Standar Kompetensi          : 2.     Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

Kompetensi Dasar             : 2.2.  Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan    

Indikator                            :
-        Siswa dapat menyebutkan manfaat tumbuhan hijau bagi manusia

I.       Tujuan Pembelajaran  :
Setelah pembelajaran ini siswa dapat:
-        Menyebutkan tiga manfaat tumbuhan hijau bagi manusia


Karakter yang diharapkan : Tekun, disiplin, rasa hormat, kerja sama

II.    Materi Pembelajaran   : Manfaat Tumbuhan Hijau Bagi Manusia

a.       Bermanfaat sebagai sumber makanan
Agar tubuh bertambah energy dan membantu mengoptimalkan tubuh manusia, misalnya, daun bayam, kangkung, jeruk, kol, kentang, kedelai, jagung, beras, dll.
b.      Bermanfaat sebagai bahan penyedap rasa
Agar masakan terasa lezat, ibu membuat bumbu masakan. Bumbu masakan sebagaian besar berasal dari tumbuhan, misalnya merica, cengkeh, kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih.
c.       Bermanfaat sebagai bahan obat-obatan
Penggunaan tumbuhan sebagai bahan obat-obatan sejak dahulu kala. Penjual obat atau jamu tradisional memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan. Banyak tumbuhan yang digunakan untuk membuat jamu. Misalnya  kencur, kunyit, temulawak, kepulaga.

III. Metode Pembelajaran : Metode inquiry

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
A.    Kegiatan awal
1.      Menarik perhatian siswa-siswi
-          Gaya mengajar
-          Interaksi
-          Tempat (guru memberi kebebasan siswa untuk duduk berkelompok atau sendiri-sendiri)
2.      Menimbulkan motivasi
-          Bersikap ramah dan penuh semangat (menanyakan kesiapan belajar siswa)
-          Membangkitkan rasa ingin tahu
3.      Memberi acuan
-          Mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas (nanti siswa mendapat tugas mengamati gambar dan memberikan kesimpulan atas gambar tersebut dan menemukan tiga manfaat tumbuhan hijau tersebut bagi manusia sesuai pada gambar?
-          Mengingat masalah pokok yang akan dibahas (jadi… siapa yang tau materi kita hari ini…..)
4.      Membuat kaitan
-          Mengajukan pertanyaan apersepsi
-          Mengulas sepintas isi pelajaran yang telah lalu (minggu lalu kita belajar mengenai tumbuhan hijau? Siapa yang masih ingat? angkat  tangan jika ingin menjawab ya……., setiap sesuatu yang diciptakan Tuhan pasti punya manfaat, misalnya pada tumbuhan hijau, manfaat daun sebagai tempat pemasakan makanan. Dan untuk tumbuhan hijau sendiri juga banyak manfaat bagi manusia)
-          Mengaitkan materi yang diajarkan dengan lingkungan peserta didik (coba cari dan catat tumbuhan hijau yang ada disekitar rumah dan sekolah.... siapa yang tau apa manfaatnya?)
B.     Kegiatan inti
1.      Mengamati
-          Guru menampilkan gambar melalui media visual (guru melakukan penekanan “Perhatikan gambar ini baik-baik”)
-          Siswa mengamati media yang ditampilkan
2.      Menanya
-          Guru bertanya tentang gambar yang ditampilkan (variasi suara lembut sehingga siswa tidak takut untuk menjawab)
3.      Mengumpulkan Informasi
-          Siswa menjawab tanpa ditunjuk dengan mengangkat tangan
-          Guru memberi penguatan non verbal dengan cara mengancungkan jempol bagi siswa yang benar menjawab dan jika jawaban belum benar maka guru memberikan kebermaknaan dengan mengatakan “jawabannya bagus, tapi belum benar.
-          Guru bertanya lagi, apa manfaat dari gambar tersebut.
4.      Mengasosiasi      
-          Siswa mendiskusikan mengenai gambar dengan teman disampingnya
5.      Mengkomunikasi
-          Tiap siswa dipersilahkan berdiri untuk mengemukakan hasil diskusi atau kesimpulan yang didapat dari gambar yang ditampilkan.
-          Guru memberikan penguatan verbal atas keberanian siswa-siswi
-          Guru menjelaskan materi pelajaran (ketika guru menjelaskan, jika ada sekelompok siswa yang ribut guru melakukan pengelolaan kelas)

C.     Kegiatan Akhir
1.      Meninjau kembali
-          Membuat ringkasan
2.      Evaluasi
-          Siswa mengerjakan soal tertulis pada LKS
3.      Tindak lanjut
-          Guru memberikan PR
-          Guru memberikan gambaran materi minggu depan
-          Guru dan siswa membaca hamdalah dan mengakhiri pelajaran

V.    Sumber                       : Buku paket Sains untuk MI/SD kelas V disusun oleh Haryanto
Media                         : Visual

VI. Penilaian                     :

Teknik          : Test
Bentuk          : Tertulis
Instrumen     : Essay
Pengayaan    : PR


Soal:                                                                                                                  
1.      Sebutkan 3 manfaat tumbuhan hijau bagi manusia?

Kunci jawaban:
1.      3 Manfaat tumbuhan hijau bagi manusia
a.       Bermanfaat sebagai sumber makanan
b.      Bermanfaat sebagai bahan penyedap rasa
c.       Bermanfaat sebagai bahan obat-obatan

         Mengetahui,                                                                          Tembilahan,    April 2014
       Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran




(Diana Yusuf, S.Pd.,M.Pd)                                                                     (Nurmila)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar