TUGAS
MANDIRI
MICRO TEACHING
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
DOSEN PENGAMPU:
Drs. ERDI INDRA.
DISUSUN OLEH:
NURMILA
1209.11.06518
Mahasiswa Semester:
VI/PGMI/B
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM
AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
2014
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SDN 007 Lahang Baru
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
V / I
Alokasi Waktu :
1 x 15
Menit (1 x Pertemuan)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
Indikator :
-
Siswa
dapat menyebutkan manfaat tumbuhan hijau bagi
manusia
I.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran ini siswa dapat:
-
Menyebutkan tiga manfaat tumbuhan hijau bagi manusia
Karakter
yang diharapkan : Tekun, disiplin, rasa
hormat, kerja sama
II.
Materi
Pembelajaran : Manfaat Tumbuhan Hijau Bagi Manusia
a.
Bermanfaat
sebagai sumber makanan
Agar tubuh bertambah energy dan membantu
mengoptimalkan tubuh manusia, misalnya,
daun bayam, kangkung, jeruk, kol, kentang,
kedelai, jagung, beras, dll.
b.
Bermanfaat
sebagai bahan penyedap rasa
Agar masakan
terasa lezat, ibu membuat bumbu masakan. Bumbu masakan sebagaian besar berasal
dari tumbuhan, misalnya merica, cengkeh,
kunyit, jahe, bawang merah, dan bawang putih.
c.
Bermanfaat
sebagai bahan obat-obatan
Penggunaan
tumbuhan sebagai bahan obat-obatan sejak dahulu kala. Penjual obat atau jamu
tradisional memanfaatkan berbagai jenis tumbuhan. Banyak tumbuhan yang
digunakan untuk membuat jamu. Misalnya
kencur, kunyit, temulawak, kepulaga.
III.
Metode
Pembelajaran : Metode inquiry
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
A.
Kegiatan
awal
1. Menarik perhatian siswa-siswi
-
Gaya mengajar
-
Interaksi
-
Tempat (guru memberi kebebasan siswa untuk duduk berkelompok atau
sendiri-sendiri)
2. Menimbulkan motivasi
-
Bersikap ramah dan penuh semangat (menanyakan kesiapan belajar siswa)
-
Membangkitkan rasa ingin tahu
3. Memberi acuan
-
Mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas (nanti siswa mendapat tugas
mengamati gambar dan memberikan kesimpulan atas gambar tersebut dan menemukan
tiga manfaat tumbuhan hijau tersebut bagi manusia sesuai pada gambar?
-
Mengingat masalah pokok yang akan dibahas (jadi… siapa yang tau materi
kita hari ini…..)
4. Membuat kaitan
-
Mengajukan pertanyaan apersepsi
-
Mengulas sepintas isi pelajaran yang telah lalu (minggu lalu kita
belajar mengenai tumbuhan hijau? Siapa yang masih ingat? angkat tangan jika ingin menjawab ya……., setiap sesuatu
yang diciptakan Tuhan pasti punya manfaat, misalnya pada tumbuhan hijau,
manfaat daun sebagai tempat pemasakan makanan. Dan untuk tumbuhan hijau sendiri
juga banyak manfaat bagi manusia)
-
Mengaitkan materi yang diajarkan dengan lingkungan peserta didik (coba
cari dan catat tumbuhan hijau yang ada disekitar rumah dan sekolah.... siapa
yang tau apa manfaatnya?)
B.
Kegiatan
inti
1.
Mengamati
-
Guru menampilkan gambar melalui media visual (guru melakukan penekanan
“Perhatikan gambar ini baik-baik”)
-
Siswa mengamati media yang ditampilkan
2. Menanya
-
Guru bertanya tentang gambar yang ditampilkan (variasi suara lembut
sehingga siswa tidak takut untuk menjawab)
3. Mengumpulkan Informasi
-
Siswa menjawab tanpa ditunjuk dengan mengangkat tangan
-
Guru memberi penguatan non verbal dengan cara mengancungkan jempol bagi
siswa yang benar menjawab dan jika jawaban belum benar maka guru memberikan
kebermaknaan dengan mengatakan “jawabannya bagus, tapi belum benar.
-
Guru bertanya lagi, apa manfaat dari gambar tersebut.
4. Mengasosiasi
-
Siswa mendiskusikan mengenai gambar dengan teman disampingnya
5. Mengkomunikasi
-
Tiap siswa dipersilahkan berdiri untuk mengemukakan hasil diskusi atau
kesimpulan yang didapat dari gambar yang ditampilkan.
-
Guru memberikan penguatan verbal atas keberanian siswa-siswi
-
Guru menjelaskan materi pelajaran (ketika guru menjelaskan, jika ada
sekelompok siswa yang ribut guru melakukan pengelolaan kelas)
C.
Kegiatan
Akhir
1.
Meninjau kembali
-
Membuat ringkasan
2.
Evaluasi
-
Siswa mengerjakan soal tertulis pada LKS
3.
Tindak lanjut
-
Guru memberikan PR
-
Guru memberikan gambaran materi minggu depan
-
Guru dan siswa membaca hamdalah dan mengakhiri pelajaran
V.
Sumber : Buku
paket Sains
untuk MI/SD kelas V disusun oleh Haryanto
Media :
Visual
VI. Penilaian :
Teknik : Test
Bentuk : Tertulis
Instrumen : Essay
Pengayaan : PR
Soal:
1. Sebutkan 3 manfaat tumbuhan hijau bagi
manusia?
Kunci jawaban:
1.
3 Manfaat
tumbuhan hijau bagi manusia
a.
Bermanfaat
sebagai sumber makanan
b.
Bermanfaat
sebagai bahan penyedap rasa
c.
Bermanfaat
sebagai bahan obat-obatan
Mengetahui, Tembilahan,
April 2014
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
(Diana Yusuf, S.Pd.,M.Pd) (Nurmila)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar